William Budiman

William S. Budiman

Bachelor of Psychology | Positive Psychology Practitioner | Psychological Health Trainer | Training Program Designer

“William adalah satu dari segelintir pembicara muda yg melakukan profesinya dengan passion & kesungguhan hati. William bukan cuma sekedar memberikan training tapi ia juga membagi hidup dalam trainingnya. Thumbs up for william!” Josua Iwan Wahyudi | Master Trainer EQ Indonesia | @josuawahyudi

William S. BudimanPerkenalkan saya adalah William Sulivan Budiman. Saya memandang diri saya sebagai Psychological Health Trainer. Walaupun secara spesifik nama profesi itu tidak ada, namun kebutuhan tersebut sangat mendesak dalam masyarakat. Sayangnya masyarakat kita seringkali meremehkan bahkan mengabaikan kebutuhan tersebut.

Sebagai seorang professional experienced trainer dan speaker. Saya terbiasa membawakan pelatihan, workshop dan seminar untuk peserta dengan berbagai rentang usia. Topik pelatihan dan seminar yang sering saya bawakan, antara lain : pelatihan motivasi dan pengembangan diri, character building, kepemimpinan, dan lainnya. Akan tetapi fokus utama saya sebagai seorang pendidik dan akademisi adalah mengenai kesehatan psikologis masyarakat dan human well being (kebahagiaan).

Latar belakang pendidikan saya sebagai seorang Sarjana Psikologi membuat diri saya memiliki ketertarikan dan keprihatinan tersendiri dalam bidang kesehatan psikologis. Saya merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta. Saya memilih jurusan psikologi karena saya memiliki ketertarikan yang sangat besar terhadap perilaku manusia sejak kecil. Ilmu yang saya pelajari selama 4 tahun di bangku kuliah ini yang kemudian membawa saya pada jalan hidup yang saya jalani saat ini.

Ada 2 hal utama yang sangat menginspirasi saya selama kuliah. Pertama pengalaman training. Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya dalam perkuliahan dan kegiatan kemahasiswaannya sangat kental dengan dunia training dan pelatihan. Akhirnya saya terlibat menjadi trainer baik dalam kegiatan mahasiswa maupun magang dalam project-project training fakultas. Hal yang saya temukan sebagai trainer adalah kepuasan yang luar biasa ketika kita menjalankan tugas dengan baik. Saya sangat puas dan bahagia ketika menemukan para peserta training yang dalam sesi training tiba-tiba mendapatkan AHA moment atau terinspirasi. Hal lainnya adalah ketika para peserta bisa berterima kasih dengan tulus setelah kegiatan pelatihan selesai. Hal ini sangat mengharukan. Ada kepuasan besar bagi diri saya, karena saya merasa telah memberikan sesuatu yang berarti bagi diri mereka. Sebagai trainer, saya memberi sesuatu yang meaningful.

Hal kedua yang menginspirasi saya adalah kuliah-kuliah psikologi klinis, terutama Developmental Psychology, Abnormal Psychology dan Family Therapy. Dalam kuliah ini saya menemukan bahwa hampir semua kasus gangguan psikologis yang dialami seseorang diakibatkan dari sebuah peristiwa masa kecil yang traumatis, di mana sebagian besar disebabkan oleh keluarga. Ironinya adalah banyak dari keluarga, terutama orangtua, tidak menyadari bahwa tindakan perilaku mereka berdampak sedemikian besar bagi seorang anak. Kenyataan ini kemudian mendorong saya untuk menjadi seorang trainer / pendidik yang bertujuan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan remaja. Menjadi pendidik yang mengajarkan anak remaja sebuah keahlian dan kesiapan psikologis, agar mereka dapat memiliki hidup yang bahagia. Pemikiran ini menjadi dasar dari sebuah mimpi yang pada akhirnya terwujud melalui berdirinya Aethra Learning Center. Sebuah biro training sederhana yang didirikan oleh 3 mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya pada semester akhir mereka. Pendiri tersebut adalah : saya, Anita Rijadi, dan Amelia Y. Ratawinata.

Aethra Learning CenterAethra berasal dari bahasa latin yang berarti langit yang cerah / The Bright Sky. Bagi kami, langit cerah melambangkan masa depan yang cerah. Komitmen kami adalah untuk berusaha sebaik mungkin untuk mengajak semua rekan pembelajar kami selangkah lebih dekat dengan “langit cerah” mereka masing-masing. Menurut keyakinan kami, untuk seseorang dapat memiliki masa depan yang cerah, maka dirinya harus mampu bertumbuh secara sehat dari dalam diri. Dirinya harus sehat secara psikologis terlebih dahulu, barulah keahlian dan kompetensi lainnya akan mudah untuk dikuasai. Secara gamblang, seseorang harus bisa berkembang dari dalam diri, baru memancar keluar. Oleh karena itu, Aethra Learning Center memiliki tagline : “Growing Great Inside Out“.

Aethra Learning Center adalah sebuah biro pembelajaran berbasis psikologi yang berkomitmen untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak Indonesia melalui proses pembelajaran yang holistik, yaitu proses pembelajaran yang menyeimbangkan antara kecerdasan akademik intelektual dengan kecerdasan sosio-emosional. Karena kami percaya bahwa agar seorang anak dapat memiliki masa depan yang cerah, maka ia harus memiliki keunggulan kompetitif dalam masyarakat. Dan keunggulan itu dapat tercipta apabila kesehatan psikologis diri mereka (yang tercermin dari kemampuan sosio-emosional yang baik) dapat berkembang baik, sehingga dapat menunjang kecerdasan akademis intelektual (kompetensi) mereka.

graph011Setelah beberapa tahun berkecimpung dalam dunia pendidikan dan training, saya mengobservasi sebuah fenomena dalam masyarakat Indonesia, yaitu adanya ketidakseimbangan paradigma. Saya melihat bahwa masyarakat kita membangun bangsa ini pada sebuah fondasi yang tidak seimbang. Masyarakat kita yang tercermin melalui sistem pendidikan dan dunia bisnis, terlihat sangat terfokus pada kecerdasan akademis intelektual / kompetensi. Pendidikan berbasis kompetensi, penerimaan karyawan berbasis kompetensi, sistem jenjang karir berbasis kompetensi, dan sebagainya. Sayangnya kita terkadang lupa bahwa kunci utama agar seorang manusia dapat berfungsi optimal harus seimbang bukan hanya kompetensinya, tetapi juga harus sehat secara psikologis Tanpa kesehatan psikologis yang baik, walau seberapapun hebat kompetensi yang dimiliki seseorang, maka tetap orang tersebut tidak dapat berfungsi optimal dan cenderung mengalami masalah dalam hidupnya. Hal ini telah mengakar kuat dan telah menjadi keyakinan umum masyarakat, sehingga menyulitkan saya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan psikologis dan kecerdasan sosio-emosional.

Hal kedua yang saya observasi adalah sehebat apapun saya menjadi seorang trainer. Sehebat apapun saya merancang sebuah program training demi perkembangan anak dan remaja, semua itu akan menjadi sia-sia apabila anak yang bersangkutan tidak didukung oleh orangtua. Saya ingin mengajarkan anak banyak keterampilan hidup demi menyediakan kondisi yang mendukung kesehatan psikologis mereka, tetapi orangtua masing-masing seringkali menjadi faktor utama penyebab rusaknya kesehatan psikologis anak. Kondisi dunia yang semakin penuh dengan tekanan menyebabkan orangtua sendiri ternyata mengalami kesulitan dalam mengembangkan kesehatan psikologis mereka masing-masing. Ketika orangtua gagal mengembangkan kesehatan psikologis bagi dirinya, maka mereka tidak akan mampu menyediakan kesehatan psikologis bagi anak dan remaja. Melihat kondisi ini, maka saya akhirnya memutuskan untuk mulai mengajarkan dan membekali manusia dewasa keterampilan hidup untuk kesehatan psikologis yang lebih baik.

Sebagai informasi tambahan,  saya juga seorang pemimpi. Sebagai seorang pemimpi, saya yakin memiliki banyak sekali ide dan mimpi, dari yang sederhana sampai yang besar dan kompleks. Saya percaya bahwa bermimpi besar itu baik bagi semua orang, karena itu akan memberikan hidup kita sebuah makna untuk dijalani. Saya berharap dapat mengajak dan menginspirasi sebanyak-banyaknya orang untuk dapat berani bermimpi besar. saya sangat menikmati kegiatan saya sekarang, terutama melalui blog ini, yaitu menjadi “Penjaja Mimpi”.  Saya sangat mendorong  teman-teman  untuk bisa bermimpi besar dan berbagi inspirasi dengan orang-orang lainnya. Karena hanya dengan berbagi inspirasi, saya yakin dunia akan menjadi tempat yang lebih baik untuk ditinggali.

candle loses nothing

Melalui webblog ini, saya ingin berbagi pemikiran, cerita dan inspirasi yang dapat memberi teman-teman insight, inspirasi, atau hanya sekedar penambah semangat. Jika ingin berdiskusi dengan saya, silakan email ke : william.sulivan.budiman[at]gmail.com

Kastena Boshi

William S. Budiman

Follow my tweet @WilliamSBudiman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,224 other followers