William Budiman

Smile For The Future

Smile For The Future

Smile For The Future adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya sebuah kesehatan mental dan hidup bahagia sebagai syarat utama untuk memperoleh hidup yang lebih baik.

Kami percaya bahwa untuk memiliki keunggulan kompetensi di masyarakat, seseorang harus dapat mengembangkan kompetensi dan kesehatan mental dengan seimbang dan optimal. Sayangnya masyarakat Indonesia seringkali menyepelekan masalah kesehatan mental, karena menganggap hal tersebut adalah masalah pribadi orang tersebut (bukan urusan perusahaan/sekolah). Sekolah dan perusahaan lebih rela dan terlalu terfokus untuk pada kompetensi yang dimiliki pekerja / siswanya, seperti : leadership, probelm solving, public speaking, dsb. Hal ini terlihat dari buku-buku pengembangan diri yang banyak laku di pasaran dan jenis training yang beredar di masyarakat, semua berbicara seputar kompetensi. Padahal kita harus sadar bahwa kesehatan mental seseorang adalah platform utama seseorang untuk mampu berfungsi secara optimum. Jika kondisi psikologis seseorang tidak baik, maka bila orang tersebut diberi pelatihan keahlian sehebat apapun, hasilnya tetap tidak optimal. Hanya orang-orang yang berpikiran terbuka, berpendidikan tinggi serta berpikiran maju yang mulai menganggap hal ini serius dan mulai berusaha untuk mendahulukan kesehatan mental dibanding sekedar kompetensi. Are you?

SFTF @ Perayaan Sumpah Pemuda

Bebicara soal kesehatan mental sebenarnya kita berbicara tentang kebahagiaan (well being). Sejak kecil, kita diajarkan bahwa kita butuh menjadi orang sukses terlebih dahulu untuk menjadi bahagia. Ini adalah rute menuju kebahagiaan yang dipercaya oleh masyarakat di dunia dan ditanamkan kepada kita sejak dini melalui sistem pendidikan, bahkan nilai dalam keluarga. Kalau kita berhasil mencapai target tertentu dalam hidup (seperti : lulus sekolah dengan nilai baik, target penjualan tercapai, dan sebagainya), maka kita akan merasa bahagia. Namun formula ini terbukti salah.

Why?

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Setiap kali kita berhasil atau sukses, maka kita akan meningkatkan standar keberhasilan kita tersebut. Dengan demikian akan sangat sulit sekali seseorang dapat benar-benar berkata dirinya sukses atau berhasil. Artinya, kita semakin sulit menjadi orang yang bahagia.

Kabar baiknya adalah hasil penelitian di bidang positive psychology dalam jangka waktu 10 tahun terakhir menunjukkan hal yang sebaliknya. Kebahagiaan justru mendorong kita mencapai kesuksesan, bukan sebaliknya.

Masalah yang timbul sekarang adalah bukan tentang siapa yang ingin bahagia. Semua orang ingin bahagia. Masalahnya adalah tidak semua orang tahu Bagaimana caranya untuk bahagia?

Itulah sebabnya mengapa Smile For The Future hadir sebagai sebuah gerakan gerakan yang bertujuan untuk mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya sebuah kesehatan mental dan hidup bahagia sebagai syarat utama untuk memperoleh hidup yang lebih baik. Kami menggunakan metode dan hasil penelitian terkini untuk mendidik masyarakat Indonesia tentang bagaimana cara untuk menjadi lebih bahagia melalui pelatihan, workshop, dan seminar.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan :

Like our fanpage : https://www.facebook.com/SmileForTheFuture

Follow our twitter account : @SFTF_Indo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,224 other followers